Tuesday, August 2, 2016

Tips untuk modem SmartFren 4G LTE yang sinyal kurang kuat

Halo temans dan prens yang tercinta,

Kali ini mau share dikit soal modem SmartFren 4G LTE. Saya baru beli yang type M2P di sebuah toko di mall. Mengapa type ini? Karena ini satu2 nya yang batterynya bisa diganti. Jadi kalo battery rusak bukan ganti modem tapi ganti battery. hehehe.

Mbak nya sih bilang sinyal kuat, tapi waktu dicoba di mall susah banget cari sinyal. Indicator tetap merah terus. Bilangnya "oh memang di mall sinyal nya jelek."  Ternyata sampe di rumah lebih parah lagi. Waktu dicoba untuk Facetime putus2 ga karuan dan tidak stable. Bahkan sinyalnya merah mlulu. Sedih nya kemakan omongan sales. wkwkwkwkwk...

Kemudian tiba2 aku teringat bahwa modem USB pada zaman dahulu kala dikasih anten tambahan untuk memperkuat sinyal. Dan kebanyakan antena tersebut dipasang di scoket untuk charger.

So aku pasang kabel charger sebagai "anten" dan sambil berdoa dan membawa modem ke bagian terluar rumah sebelum langit (dekat jendela atau pintu). Eh ternyata jalan sodara2 !!! Tidak disangka solusi simple ini bisa membantu memperkuat sinyal modem smartfren ini :)



Semoga berhasil ya. Kalau untuk daerah yang memang reception sangat lemah saya tidak janji solusi ini akan berhasil. Di daerah Kenjeran Pantai Mentari sinyal cukup lemah, cuma 2 bar doang. Tapi ternyata masih bisa juga dan lancar untuk application Facetime.

So good luck, dan enjoy. Tuhan memberkati :)

2 comments:

  1. bisa juga pake panci ko. Lebih enak lagi pake antena Yagi (ya elah mahal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuakakkaka.ya monggo dicoba. Ya kalo pake extender memang mahal. :)

      Delete