Sunday, August 3, 2014

Tips untuk para penyewa atau pembeli rumah.

Halo Lifehackers. Semoga hidup anda bahagia dan lancar, mohon maaf lahir dan batin.
Info ini bukan soal fengshui, tusuk sate, atau keberuntungan. Hehehe…Ini common sense aja dari pengalaman pribadi.

Sebelum menyewa atau membeli rumah, ada baiknya anda mengecek beberapa hal di bawah ini. Jangan hanya melihat ke atas alias lihat atap bocor apa enggak. Lihat lah lebih detail lagi sebelum anda membubuhkan tanda tangan di atas kertas perjanjian sewa.

Check kondisi tandon air. Ini pengalaman buruk ku sendiri. Waktu aku sudah masuk rumah, aku baru buka tandon air  nya. Alamakk…airnya hitam kayak air selokan. Dan di dasar nya ada lapisan tanah setebal abu gunung Kelud turun 3 bulan. Sepertinya tidak pernah dibersihkan sejak jaman internet masih pake dial up. Kacau luar biasa. Aku harus beresin sendiri masalah ini karena pihak pemilik gak mau nanggung. Pastikan pihak penjual atau orang yang menyewakan harus membersihkan tandon air dulu sebelum anda masuk ke rumah atau menandatangani perjanjian. Satu lagi yang bikin pusing, letak meteran air cukup dalam sekitar 1.5 meter. Ditambah lagi terendam air kalau musim hujan. Ini gak tahu yang design kok “super pinter”  sehingga merepotkan pemilik rumah.

Kondisi pipa air. Kalau bangunan sudah lama pipa air akan rusak hancur dan berkarat. Coba dilihat semampu anda gimana kondisinya. Kalo memang sudah jelek, minta diganti oleh pemilik atau pihak yang menyewakan dengan pipa paralon karena akan lebih tahan lama dan tidak akan berkarat.

Masalah parkir. Jangan dikira ini masalah sepele, apalagi pada kondisi jalan yang super sempit. Perhatikan tetangga anda apakah memiliki mobil yang diparkir di depan rumah. Untuk jalanan yang lebar tentu saja tidak masalah. Kalau jalan di depan rumah sempit, mending anda berpikir sebelum masuk, apalagi bila anda memiliki 2 mobil. Saat mobil tetangga parkir di depan rumah nya, ini akan menghambat ruang gerak anda untuk masuk rumah, apalagi pintu rumah berupa pintu gerbang yang membuka keluar atau ke dalam (bukan sliding gate alias pintu dorong)

Masalah listrik

a.   Daya Listrik. Tanyakan kepada pemilik berapa daya listrik yang dimiliki. Kalau anda pengguna listrik yang cukup ganas (AC 3 biji, computer, TV, home audio system, microwave, dll) pastikan daya listrik rumah minimal 4400 VA. Kurang dari itu, aku jamin waktu anda pakai AC dan oven bersamaan pasti njeglek alias gak kuat.

b.   Jumlah titik listrik alias stop kontak per ruangan.  Ini sangat penting apabila anda tipe orang yang suka memasang macam2 alat elektronik. Kalau jumlah titik listrik hanya 1 per ruangan, aku anjurkan untuk menambah sebelum masuk. Kalau tidak nanti anda akan kerepotan untuk menata rumah, seperti mengatur letak lampu, TV, kulkas dll. Jangan membeli kabel gulungan dan menggabung2 nya untuk semua alat elektronik anda. Selain kelihatan jelek dan resiko kesandung kabel, membebani 1 titik listrik dengan 20 alat2 elektronik sangatlah berbahaya, dan kemungkinan konslet (short circuit) sangatlah tinggi.

c.   Kabel listrik. Pastikan jaringan listrik masih bagus. Pada rumah lama, kabelnya bahkan masih bikinan jaman penjajahan Belanda. Jadi bisa dibayangkan kondisi kabelnya yang berdebu dan kemungkinan besar sudah jadi snack untuk tikus2.

Hewan2 pengganggu, seperti rayap, tikus, semut, nyamuk. Ini masalah yang sulit karena hewan2 ini gak akan muncul kalau anda tidak tinggal di rumah itu. Untuk rayap anda harus benar2 check, apalagi untuk pembeli rumah. Rayap akan menghancurkan kerangka atap anda dan kisi2 pintu atau jendela. Jangan kira ini cuma masalah di kampong, karena banyak rumah di daerah elite pun mengalami masalah yang sama. Minta pemilik rumah untuk menyemprot rumah dengan anti rayap. Untuk masalah nyamuk,  pastikan rumah yang akan anda  tinggali cukup terlindung dengan kawat kasa juga jangan sampai ada tempat2 dengan air menggenang. Perhatikan lubang2 kecil atau besar di pojok ruangan. Kemungkinan besar ini adalah lubang tempat tikus atau semut masuk ke dalam rumah. Kalau jumlah lubang gede sangat banyak, larilah dan cari rumah lain untuk disewa.
    
Dapur. Ini mungkin masalah yang unik, tapi tempat yang aku sewa  saluran pembuangan wastafel dapur langsung masuk ke kamar mandi -___-‘  Jadi semua sisa ayam goreng, tahu dan tempe bisa anda lihat menari2 masuk saat anda lagi enak2 pup. Saking pingin nya masuk rumah aku sampe gak liat masalah ini. Mungkin serasa tidak masuk akal kalau kita harus mengecek. Tapi terbukti  ASUMSI selalu menghasilkan masalah, termasuk asumsi tangki air pasti bersih. Coba lihat fasilitas apa yang anda miliki, termasuk tempat untuk mempersiapkan bahan masakan.  Sangat sumpek kalau anda harus memotong sayur dan daging di tempat yang ga lebih gede dari lemari baju anda.  


Mungkin itu dulu dari saya. Kalau ada yang kepikir lagi, silahkan tinggalkan komen di blog ini. Semoga bermanfaat J

No comments:

Post a Comment