Monday, November 24, 2014

Dahsyatnya Khasiat Obat Tradisional

Halo lifehackers

Apa kabar semuanya?  Semoga semua lancar dan sukses dalam hidup anda. Kalau tidak lancar dan sukses? Rajin2 lah berdoa kepada Tuhan dan berusaha untuk dapat jalan keluar. Setuju sodara-sodara???

Untuk kali ini ogut mau bahas soal obat tradisional. Aku yakin pada generasi berikut setelah diriku orang mungkin susah percaya sama manfaat obat traditional, terutama dari China. Padahal obat2 ini luar biasa khasiatnya dan harganya relatif lebih murah daripada obat dari dunia Barat. (Orang Surabaya paling doyan ginian. Murah Meriah Apik. Wkwkwk) Awas hati2 obat palsu aja karena sudah sering kejadian bahwa obat Chinese di bajak dan khasiatnya tak dahsyat lagi.

So aku bahas sedikit mengenai obat2 ini ya. Aku gak tahu super akeh, tapi ada yang wis aku coba and hasil nya ces pleng binti maknyus.

Minyak Ban Leng (warna biru)

Berkhasiat untuk menghentikan pendarahan, terutama di bagian yang tidak bisa dikasih obat merah atau  Betadine (contoh: mulut) karena bisa diminum. Pernah kejadian di kantor kita ada anak kecil jatuh dari tangga sampe berdarah mulutnya. Kita semua bingung mau diapain. Eh kok ternyata sekretaris kantor kita ternyata suka pake obat Chinese (walau dia bukan Chinese. Ironis bukan ? T___T), lalu dia langsung oleskan minyak Ban Leng ke bibir anak itu dan pendarahan langsung berhenti. Sebagai khasiat tambahan, teryata juga dapat menghilangkan rasa sakit karena si bocah berhenti menangis.


Liu Shen Wan alias Pil 6 dewa
Ini obat aneh bin ajaib.  Disimpan dalam guci mungil yang lucu, cukup 10 biji pil kuecil ini (good luck ngitung e) mujarab buat anda yang kena gejala sakit tenggorokan atau akan batuk. Walaupun ukuran nya kecil pol (kira2 segede tanda baca titik) jangan sampe kena gigit karena paitnya ga karuan.








Tieh Ta Yao Ching.
Kalo dunia barat punya Betadine, kita di dunia timur pake Tieh Ta Yao Ching (Tieh Ta Yao Gin kalo di label botolnya). Ini obat nggilani sakit nya waktu dioleskan ke luka, tapi dijamin bisa langsung kering. Pernah aku jatuh dari sepeda pancal waktu kecil. Dengkul ku menjalin kasih asmara dengan aspal gara2 sandalku kena mentega (waktu abis dari pabrik roti temen) dan terlepas dari pedalnya. Jadilah luka berdarah lancar yang ga mau berhenti. Sampe di rumah, sama bokap di kasih obat itu. Sebagai anak kecil ya tentu saja ogut nangis gak karuan, tapi luka nya langsung kering dan ga sampe bernanah lukanya.




Pi Yan Ping 999

Kalo salep ini amat bagus buat gigitan serangga. Pernah waktu ke Ambon tidur di ranjang motel jelek yang penuh dengan kutu loncat. Besok paginya aku gatal semua and bentol2 di sekujur badan dari tangan, kaki, sampe punggung. Di punggungku sampe ada lapisan tebal yang mirip kura-kura ninja. Lalu nyokap kasih obat itu, selang beberapa hari gatal nya hilang and lapisan di punggung ku pun lenyap. Murah meriah dan berkhasiat. Dulu sih cuman 15 rebu, mungkin sekarang udah naik gara2 BBM. Hahaha.



Lucas Papaw
Yang terakhir ini memang bukan obat Chinese, tapi khasiatnya kutemukan dengan tidak sengaja. Bertahun2 aku musuhan sama nyamuk, belum pernah aku ketemu yang namanya nyamuk rawa. Jenis nyamuk ini super sadis dan kalo nggigit sakit. Waktu pindah ke daerah Surabaya Timur,  badanku habis dihajar sama mereka.  Dulu waktu digigit nyamuk kota ya paling cuma merah bentar terus ilang. Kalo yang ini, bisa meninggalkan bercak merah darah dan gatalnya bisa berhari-hari. Kakiku yang indah pun jadi belang blonteng dan tercoreng moreng. (Hueks)

Nah kok pas ada yang dari Australia, bawa salep namanya Lucas Papaw. Ditulis di wadahn nya bagus untuk jenis2 gangguan kulit seperti ruam atau keringet buntet. Juga bilang kalo bagus juga untuk gigitan serangga. So aku coba oleskan pada bekas gigitan nyamuk. Beberapa menit kemudian, gatelnya ilang !!! Bukan cuma itu, bercak merah nya juga ikut hilang setelah beberapa hari. Sekarang aku sudah kebal sama jenis nyamuk edan ini, tapi tetep aku simpen setoples Lucas Papaw di rumahku.

Kalo anda beli di sini, harganya lumayan premium, bisa 200 ribu lebih (cuan penjual dan ongkir) walaupun di Australia cuma 10 dollar doang (sekitar 100 ribu lebih sesuai kurs AUD yang berlaku. Silahkan anda check sendiri.). Aku harap ada pengusaha lokal yang bikin salep yang mirip karena bahan dasarnya adalah buah papaya yang gak kurang-kurang persediaan nya di Indo. Kalo bisa dibikin lokal dengan harga lebih murah, aku yakin bisa booming karena nyamuk di Indonesia sangat subur perkembangan nya.

So itulah sekelumit sharing pengalaman hidupku. Semoga membantu di kala anda sakit dan mencari obat alternative yang murah meriah dan mujarab.

Salam damai, Tuhan memberkati.

Merdeka.


8 comments:

  1. Nyamuk rawa? TomCat maksudnya?

    ReplyDelete
  2. Bukan bro. Nyamuk super kecil, beneran sakit kalo nggigit. Dulu Mulyosari itu adalah daerah rawa-rawa yang dikeduk, jadi banyak nyamuk spesies ini. Sadis lah pokoknya lain sama nyamuk tengah kota. hahaha.

    ReplyDelete
  3. kly pke titah yo gien kudu dibersihkan dl ya luka nya,tp sudah saya olesi ban leng oil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis lukanya mas. Kalo yang TTYQ itu biasa buat luka terbuka yang berdarah banyak misalnya di lutut, siku dsb. TTYQ bisa langsung bersihkan kok. Sakitnya luar biasa, tapi luka langsung kering. Kalo Ban Leng itu mungkin untuk di bibir aja karena bisa diminum. (khusus yang biru)

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Mas maaf mau tanya kalo banleng untuk luka mlicet pada bayi bisa tdk ya? Karna di kemasan hanya untuk batuk

    ReplyDelete
  7. Ma'am apakah visa hugs dipakai utk gatal2 pads kulut

    ReplyDelete