Sunday, November 2, 2014

Tips bagi pengkonsumsi beras merah

Halo lifehackers.

Salam sejahtera buat para sobat.

Apakah anda pengkonsumsi beras merah? Beras ini jauh lebih sehat dari beras putih karena tidak mengandung banyak karbohidrat. Mengapa terlalu banyak karbohidrat tidak baik untuk kesehatan? Karena akan menjadi gula dalam tubuh, dan hal ini kurang baik bagi anda yang ada bakat diabetes. Memang rasanya kurang enak karena agak hambar, tapi kalau usia anda sudah mulai menginjak 30-an lebih dan kesehatan anda sudah agak menurun, mending anda mulai mengkonsumsi beras merah ini. Apabila orang tua anda mengidap penyakit diabetes, kemungkinan cukup tinggi bahwa anda akan mengidap penyakit diabetes mellitus apabila anda tidak menjaga makanan anda dan terus makan manis2 seperti permen, coklat, dan es krim.

Beras merah ini memang baik untuk kesehatan, seperti yang dibahas oleh blog di bawah ini:


Satu problemnya adalah cara masaknya agak merepotkan. Karenaberas memilki tekstur keras, cara masaknya membutuhkan lebih banyak air supaya lebih empuk. Jangan masukkan ke rice cooker yang berukuran kecil. Pernah aku coba masukkan ke rice cooker dan hasilnya rice cookerku seperti korban pembunuhan dilumuri cairan merah kental yang lengket. Cairan ini sangat susah dibersihkan karena bisa masuk ke segala sudut rice cooker. Setelah mencoba2, akhirnya aku menemukan cara yang lumayan efektif. Memang ada beberapa langkah tapi mending begini daripada harus bersih2 dapur tiap kali masak beras merah.

Langkah pertama, rebuslah beras merah dengan rasio 1 gelas takaran beras merah = 3 gelas air. Masaklah sampai air mendidih. Beras merah akan menyerap semua air yang ada sampai habis. Beras merah ini cukup aneh, karena kalau tutup panci ditutup saat air mendidih, maka akan menimbulkan ledakan2 air yang menimbulkan bercak2 merah di mana2. Cara pencegahan adalah biarkan panci tetap terbuka dan taruhlah sendok kayu di atas panci. Percaya atau tidak, cara aneh bin ajaib ini berhasil lho. :) Air jadi tidak meluber ke mana-mana, tapi awas sendok kayu akan menjadi sangat panas.


Langkah ke dua, masukkan beras merah ke dalam panci kukus. Kalau anda tidak memiliki panci kukus, cukup beli piringan logam yang bisa dibuka/tutup seperti di bawah ini untuk diletakkan di tengah panci.


Isilah air secukupnya (sekitar 500 -750 ml biar aman) dan kukuslah nasi merah sampai cukup empuk teksturnya. Waktu mengkukus bisa antara 30 menit – 1 jam. Setelah anda rasa sudah cukup empuk untuk dimakan, silahkan diangkat dan monggo dikonsumsi.

Semoga informasi ini bermanfaat. Salam enjoy dan Tuhan memberkati J

No comments:

Post a Comment