Thursday, November 27, 2014

Ga suka Itunes 12 ? Masih ada jalan keluarnya :)

Salam sejahtera damai di bumi. Semoga semua lancar sejahtera.

Sobat pake gadget yang namanya Apple? Ini product emang keren sih tapi akhir2 jadi agak menjengkelkan (Maaf Apple fans, tapi salahin CEO baru nya yang memang agak ehem ehem)

Memang Apple make money dengan jualan hardware (masaa?? Gua kok gak ga tahu yaaa??) jadi semua updates software mereka gratis tis tis, termasuk OS X buat laptop series nya. Tapi monyet nya mereka bikin OS nya semakin lama semakin berat, jadi kita dipaksa lembiru gadget lama kita karena sudah pasti gak kuat. Coba anda install IOS 8 di Iphone 4 anda. Tak jamin kayak siput balapan lari di jalanan berbukit.

Salah 1 update yang aku ga suka adalah itunes 12. Mereka mencoba jadi keren dengan graphic user interface yang kayak nya super cool and smooth. pernah denger istilah "Trying too hard?" Itulah Apple sekarang. Guess what? I hate the new interface. Mereka malah membuang sidebar yang sebenernya enak dipake. Sekarang mau transfer app aja setengah mati loading nya karena harus pake application list dari summary apps page. Berhubung komputer gua sudah tuwir alias tuek, jadi loading nya bener2 lama. So gua cari tahu apakah bisa di roll back ke versi itunes sebelumnya. Ternyata bisa sodara sodara (bikin gua kaget karena biasanya Apple apps gak kasih software yang sebelumnya kalo sudah terlanjur di update)

Coba anda ke website ini:  http://support.apple.com/downloads/#itunes

Hanya sebagai peringatan, seluruh library anda kemungkinan bisa hilang dan anda harus add semua lagu dan apps satu per satu. Agak repot, tapi mendingan daripada gak ada sidebar.

Downloadlah itunes versi 11 yang terakhir sesuai dengan OS anda. (Mac atau Windows) Aku  sih download Itunes yang versi 11.1.5.

Install dulu (setelah uninstall itunes 12), kemudian setelah selesai  pergilah ke directory ini  C:\Users\username\Music\iTunes\ dan gantilah ituneslibrary.itl menjadi library.old.

Kalau anda skip langkah ini, itunes lama anda gak akan bisa dibuka dan error ini pasti keluar :  THE FILE ITUNES LIBRARY CANNOT BE READ BECAUSE IT WAS CREATED BY A NEWER VERSION OF I TUNES

Kalau folder apps hilang gimana ? Pada itunes, click File – add folder to library – itunes media – mobile application. Click select folder, dan semua apps anda yang ada di computer anda akan di add kembali. Untuk music, lakukan drag and drop saja pada  music folder seperti biasa.

Semoga informasi ini berguna, terutama bagi anda2 yang frustrasi dengan update Apple dan iTunes.


 Salam sejahtera. Tuhan memberkati J

2 comments: