Monday, February 27, 2017

Tips streaming media dari android phone ke iPad

Halo teman2

Kali ini mau share dikit mengenai technology. Hehehe...

Sobat punya iPad tapi isi storage nya kecil? Punyaku "cuma" 16 GB, dapet hadiah dari kakak tercinta. Setelah install aplikasi  macem2 dan upgrade OS nya doang, kira2 isinya tinggal 2GB tok. Mau nonton mupih susah amat karena isi nya hampir habis. Mau beli OTG iPad harganya bikin kantong bolong.  Kalaupun udah dapet OTG iPad, aplikasi nya cerewet karena cuma bisa lihat foto ama file video yang sesuai format nya, jadi sangat sedikit jenisnya. Jadi kalau sedang perjalanan panjang di KA, bisa bosen pol karena ga ada hiburan santai.

Solusi ke dua adalah beli iPad baru yang 64 GB, yang harganya tentu saja bikin keringet dingin waktu merogoh kocek.

So..gimana penyelesaian murmer nya? Cukup simple. :)

Jawabannya adalah stream video dari smartphone android anda ke iPad

Syaratnya, SP (Smart Phone, bukan Surat Peringatan) anda harus memiliki sisa memory cukup besar, sekitar 32 GB. Kalo ga ada sisa,  beli memory card aja, sekitar 150.000 an untuk 32 GB. Untuk 16GB malah di bawah 100.000 rupiah.

So, mari mulai. Dari Google Playstore, silahkan download dulu yang namanya Pixel Media Server - DMS di smartphone anda. App ini fungsinya membuat smartphone anda seperti media server, yang dapat di access oleh aplikasi di iPad yang menggunakan DLNA. ( Digital Living Network Alliance) Apakah  itu DLNA ? silahkan dibaca sendiri di link ini.

DLNA: what it is and what you need to know

Bagi yang ga mau pusing mengenai detail, ayok lanjut aja. Masuklah ke aplikasi Pixel di SP anda, maka anda akan melihat layar seperti ini.


Pada share folder, silahkan tekan tanda panah, kemudian pilih lah storage dan folder yang akan anda share. Pada contoh saya adalah sdcard1 di folder movies. Silahkan dipilih layaknya pada laptop anda. Setelah selesai, nyalakan DMS control dengan menekan tanda play pada DMS Control.

Untuk koneksi wifi, bagi yang dalam perjalanan jauh dan tidak ada router, silahkan nyalakan tethering /hotspot dan matikan mobile data supaya gak abis kuota nya . Pastikan iPad anda tersambung pada network yang sama. Sekarang lanjut ke iPad nya. Dari iTunes store, download lah video player yang namanya MoliPlayerHD. Pada dasarnya ini adalah DLNA player yang banyak sekali versinya di iTunes. Tapi setelah cari2, paling cocok yang ini karena tidak memakai data internet. Pake aja yang gratisan udah cukup, kalo baik hati mau bayarin 3 dollar developer nya ya monggo. Masuklah ke dalam aplikasi, kemudian carilah tulisan "nearby" di menu samping. Maka anda akan menemukan Pixel Media Server, yang merupakan SP anda.



Silahkan click di sana, kemudian play movie yang anda mau. Sangat mudah, tidak pakai data, cukup dengan wifi. Kelebihan utamanya adalah video bisa di forward juga, jadi anda tidak perlu mengulang dari depan. Mantap bukan?






Selamat mencoba semoga berhasil. Salam NKRI, merdeka!!

No comments:

Post a Comment