Thursday, March 19, 2015

Leher dan bahu sakit ga sembuh2 ? Coba baca dulu tips ini

Halo lifehackers

apa kabar? semoga semuanya lancar bahagia :)

Kali ini mau share sedikit soal leher dan bahu yang kaku. Apa anda sering bangun dengan leher dan bahu yang kaku ? Aku mengalami hal ini sudah cukup lama. Tiap kali bangun kok kayak serasa habis angkat 100 karung beras isi 50 kg. (sama isinya ya bukan cuma karungnya wkwkkw) Leher dan bahu pegel2 bikin bete. Bayangno kalo bangun pagi udah feeling nya ga enak, gimana lagi nanti siang nya.

Setelah saya usut ala CSI di mbah Gugel dan tanya kiri kanan, ternyata penyebabnya cukup simple : bantal. Orang pasti mikir, barang empuk gini mana bisa bikin pegel2 ? Saya sudah buktikan sendiri. Bantal yang terlalu tipis atau terlalu tebal sangat lah berpengaruh terhadap leher anda. Kalo terlalu tipis, maka leher akan tertarik ke bawah. Kalau terlalu tebal, anda akan mendongak ke atas. Harus lurus sejajar dengan tulang belakang anda. Perhatikan gambar di bawah ini. Yang gambar di tengah itu adalah posisi ideal untuk leher anda.


Nah cari bantal yang pas buat kita untuk posisi ini yang susah nya setengah mati. Setelah sedikit riset dan saran dari istri, saya coba beli bantal memory foam. Bentuknya saya anjurkan seperti di bawah ini. JANGAN pernah beli kalo bentuknya kayak bantal biasa.


Pertama kali kita coba beli bantal memory foam merk K**bow. Udah jangan beli yang ini dah. Kapok saya. Memang harganya miring untuk bantal memory foam, tapi ternyata bentuk bantalnya keliru. Karena seperti bantal biasa, akhirnya malah leher dan bahu (ditambah punggung lagi) jadi sakit lebih parah. Saya sampe bangun jam 3 pagi karena otot punggung dan leher yang tertarik.  

Setelah beli bantal dengan bentuk yang benar, sakit leher kita jadi berkurang jauh. Kita beli merk JML, saya kurang tahu apa benar2 memory foam karena tidak terbentuk telapak tangan kalau ditekan. Seharusnya kalau bantal memory foam beneran bisa seperti di bawah ini.



Tapi ternyata sakit leher istri saya berkurang jauh dengan bantal merek JML ini. Kita akan update lagi setelah memakainya beberapa hari. Ada merk yang lebih berkualitas tinggi, seperti Tempur Pedic. Tapi mending anda coba dulu sebelum membeli karena bukan investasi yang murah (bisa dari ratusan ribu sampe jutaan harganya)

Saya sendiri memakai bantal orthopedic yang bentuknya juga agak aneh. Dari luar seperti bantal biasa, tapi di dalam dekat tepi bantal bawah dan atas ada ganjalan agak keras yang memberi support untuk leher anda. Sudah saya coba 3 hari, dan sakit di leher dan bahu pun hilang. Memang harganya gak murah, sekitar 200.000, tapi mending tidur enak daripada pelit2 keluarin duit tapi gak bisa tidur dengan nyaman. Tidur 8 jam yang nyaman itu penting lho untuk kesehatan. Mungkin akan saya bahas pada kesempatan yang lain.


Ya itulah sekelumit pengalaman saya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Tuhan memberkati, salam enjoy :D

update: saya sudah pakai bantal orthopedic dari JML selama hampir seminggu, dan sakit leher pun hampir hilang total. Aneh tapi nyata, tapi bantal ini ternyata cukup ampuh efeknya. Istri pake "memory foam" dari JML juga tapi masih mengalami sakit leher sedikit...so mungkin type bantal nya kurang effective sama istri. Kelemahan ke dua adalah bantal nya selalu bau minyak wijen...bikin laper malem2. wkwkwkkw.

6 comments:

  1. Selamat siang, bolehkah minta informasi di mana membeli bantal yang dimaksud. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. halo. Silahkan check di Ace Hardware. Saya beli di sana. Mungkin Informa juga ada.

    ReplyDelete
  3. terimakasih kembali. Semoga dapat membantu :)

    ReplyDelete
  4. Saya ingin tanya beberp hal boleh add pin bbm saya 5FE8A85C , saya ingin tanya soal keluhannya.
    Apakah sama sperti saya terimakasih

    Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  5. Kalo saya bangun pagi tiap hari leher dan bahu sakit, sampe ga enak tidur nya, dan ini bisa sampe siang nya kadang-kadang.Kalo keluhan sdr Steven gimana? Ada kemungkinan juga kebanyakan main handphone dengan posisi kepala menunduk terus juga bisa terjadi.

    ReplyDelete