Monday, May 12, 2014

Gimana bikin passport baru atau perpanjang passport?

Gimana bikin passport baru atau perpanjang passport?

Banyak lika liku yang berliku-liku kalau mau bikin passport baru or perpanjang passport. Ini berdasarkan pengalamanku yang asem pahit asin urusan sama imigrasi tanpa pake calo. Beda biaya lumayan gede; ngurus sendiri sekitar Rp 250.000 (tambah bensin+sarapan ya lebih dikit2 lah) and pake calo sekitar Rp 400-600.000 (mbok larang e.) Ini jurus2 yang kupake waktu ke sana. Semoga bermanfaat.

1     Pergilah ke website imigrasi kita di http://imigrasisurabaya.org/ dan isilah formulir passport. Bangun lah super pagi untuk yang satu ini, kalo bisa sebelum ayam berkokok or isilah di tengah malam sebelum pocong muncul. Kalo mau coba access laman ini pas jam kerja, (8 pagi – 5 sore) selamat berjuang. GAK BAKAL BISA KONEK.

2      Cari petunjuk pengisian. Bisa di download dari website nya dalam bentuk PDF. Kalo wis di download, dibaca sing bener ya. Btw, itu instruksi mungkin belum diperbaharui sejak jaman Friendster masih berjaya, jadi agak out of date. Pas aku ngisi,  bukti konfirmasi akan dikirim lewat emailmu (bukan langsung kayak yang dibilang instruksinya). Pastikan email anda benar, jangan kasih email palsu yang buat nggombali orang.

3      Kalau punya scanner, scan semua dokumen yang diperlukan sebelum ngisi formulir. Mending persiapan dulu soalnya bisa time out.
a.      KSK- Kartu Susunan Keluarga.
b.      KTP
c.       Akte kelahiran – kalau udah menikah, masukkan Surat Nikah
d.      Kalau mau perpanjang passport, dua halaman pertama silahkan discan. Kalau bikin baru, gak usah.

Nanti bakal diminta upload sama website nya. Sesuaikan document yang diminta pada setiap link.

Untuk KTP, waktu fotokopi diperbesar 3-4 kali lipat dari ukuran asli. Anehnya website gak akan ngenalin hasil scan dengan ukuran KTP asli. Mungkin matanya sudah jereng or kacamata plus plus pangkat 5. Kalo sudah diupload, print semuanya ke kertas ukuran A4, terutama Akte Kelahiran dan KSK yang aslinya ukuran folio Percayalah daku, kau akan berterimakasih pol2 an. Kalau anda lupa fotokopi semua dokumen ini, good luck wis. Ada sih mesin fotokopi, yang ngelola kura2 ninja ketemu Jack Sparrow.  Wis mahal, luambat pol. Belum antrine kayak antri sembako. Oh ya, jangan lupa bawa beberapa meterai. Sapa tahu diperlukan.

4      Nanti waktu ngisi, anda akan diminta tanggal dan kantor imigrasi yang mana yang anda mau. Aku di Surabaya tengah, jadi perginya ke Waru. Ada satu lagi kantor imigrasi Tanjung Perak di Darmo Indah (bukan di Tanjung Perak. Aneh toh.) Kantor yang ini buat warga Surabaya Barat. Coba dicheck lagi bener gak bisa cover seluruh Surabaya sekarang.

5      Kalau sudah isi formulir sampai selesai, website akan mengirim email tanda bukti. Check junkmail anda. Kemungkinan besar email akan masuk ke sana. Print bukti pembayaran, semuanya ada dua. Satu buat anda, satu buat imigrasi. Pergilah ke salah satu cabang BNI, bawa duit cash ya jangan cuma bawa kolor.

6      Setelah anda bayar di bank, anda akan dapet lagi bukti pembayaran (akeh e). Tempelkan bukti pembayaran ini ke bukti dari imigrasi, terus berangkatlah ke sana.

7      Malam sebelumnya, check semua document yang diperlukan, termasuk fotokopian nya.  Bawa aslinya kalau aja diminta anda gak usah bolak balik lagi.

8     Waktu sampai di kantor imigrasi (Waru), tanpa ba bi bu langsung ke loket paling depan minta folder ijo (dulu mbayar 10.000. sekarang gratis. Woohoo!!!) lalu langsung ke Loket 2. Nanti ada kotak buat ngumpulin dokumen di depan. Taruh semua dokumen yang diperlukan di dalam map ijo itu, and tunggu sampe nama anda dipanggil. Pegang dulu passport asli and bukti pembayaran dari BNI sampe diminta. Terus mereka akan minta anda ke loket 5. Jangan pergi jauh2 dari loket itu. Speaker nya asli jelek, kalo gak denger namamu dipanggil ya jangan nangis kalo besok balik lagi.
Kalo udah dipanggil, masuk langsung ke biometric room persis di sebelah loket 5.

10   Di ruang biometric, duduklah di kursi yang disediakan. Yes..ngantri maneh..hebat toh...Nanti anda dipanggil menghadap salah satu petugas imigrasi yang duduk manis di depan computer. Mereka akan ambil foto anda, lalu interview sebentar. Terus dikasih (lagi) tanda bukti untuk ngambil passport.  Bok sampe ilang. Pulang lah, lalu tunggu panggilan dari kantor imigrasi.

11    Ini langkah yang paling menyakitkan. Kalo anda gak ngecek status passport and percaya aja kalo passport jadi dalam 3 hari, siap2 kecewa and banting panci. Aku ke sana 3x dan pulang gak bawa apa2, sampe kapok2. Hilang sudah jam tidurku yang berharga, dan juga berliter2 bensinku terbuang. Saranku, check pake SMS atau lewat website sebelum berangkat. SMS server kadang2 bermasalah.  Aku SMS berkali2 sampe server nya ogah njawab. So aku check lagi pake online setelah/sebelum jam kerja. Click “Pelayanan online”, terus “Permohonan Paspor online”. Masukkan nomer permohonan anda. Lihat status nya. “Siap cetak”, “Diperiksa” berarti belum siap. Tunggu sampai status nya bilang “Siap Diambil”, berangkatlah anda ke sana. Waktu sampai, langsung pergi ke loket pengambilan passport di depan, dan berdoalah passport anda beneran sudah jadi.

     Menurut aku sih, pake online registration lebih enak, soalnya kalau datang ke sana langsung, mereka ada kuota setiap hari nya. Kalo abis ya udah. Gilanya, aku ke sana jam 7 biasa udah habis. (and no more tempat parkir pula) Ada yang bilang antrian mulai jam 5 pagi. Beneran service kantor imigirasi ini luar biasa kacaunya. So mending di isi online dulu, lebih cepet prosesnya asal tahu step2 pasti nya.

Untung hanya harus ke sana setiap 5 tahun sekali. Kalo gak isa spaneng setiap tahun harus renew. Good luck teman2. Salam enjoy 

1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete