Tuesday, November 4, 2014

Tips bagi peminum soft drinks

Halo lifehackers,

Salam sejahtera damai di bumi.

Sobat suka minum soft drinks?  Hati2 aja kalo ketagihan minuman yang satu ini. Kebanyakan soft drinks alias soda biasanya mengandung gula yang luar biasa banyaknya. Saya tidak akan sebutkan merk karena takut nanti blog nya kena block (coba ucapkan 10 kali. Hahaha) and dianggap pencemaran nama baik. Tapi silahkan dibuktikan sendiri.

Nggak percaya? Silahkan waktu jalan2 ke supermarket, ambil 1 kaleng soda yang terkenal dan baca kandungan gulanya. Anda bisa syok dan merasakan sakitnya tuh di sini.


Asal tahu saja, kandungan gula dalam soda pada umumnya adalah 39 gram per kaleng. Menurut American Heart Association asupan maksimum gula untuk kaum wanita seharusnya tidak lebih dari 6 sendok teh per hari atau sekitar 25 gram. Seorang pria dewasa dapat mengkonsumsi 9 sendok teh gula setiap hari atau sekitar 38 gram. Jadi kalo anda minum 1 kaleng soda, itu sudah melebihi batas asupan gula per hari. (hayo ngaku, minum berapa kaleng soda per hari)

Kalopun tidak menyebutkan berapa kadar gulanya, banyak minuman kaleng berlaku curang dengan memakai high fructose corn syrup (HFCS) atau sirup jagung berfruktosa tinggi. Cairan ini sangat berbahaya, karena merupakan gula buatan, yang sudah pasti terdiri dari bahan2 kimia. Pada beberapa penelitian, HFCS juga ditemukan mengandung merkuri. Merkuri dapat menimbulkan bermacam2 masalah bagi anda, terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan waktu yang cukup lama. Belum lagi HFCS ini bisa menyebabkan kegemukan juga karena badan kita gak bisa memproses “gula asing” hasil HFCS.

Minuman kaleng soda juga bersifat acidic atau mengandung kadar asam yang tinggi. Coba silahkan check Youtube untuk bahaya nya minuman kaleng ini. Walau kadang ada beberapa mitos yang ga bener seperti gigi akan larut dalam 1 hari, tetapi ada orang yang berexperiment mencoba merendam gigi dalam larutan cola selama 52  hari. Pada hari ke 41, gigi jadi lunak sehingga dapat ditembus dengan menggunakan peniti. Serem gak tuh?!?!

Hari Pertama
Hari ke -41












Kalo ga percaya, coba sobat lakukan experiment simple ini. Selama 1 hari penuh dari pagi sampe malem ga usah minum apa2 selain cola dan jangan minum air. Pada malam hari anda akan merasakan gigi terasa aneh, seperti kaku atau rapuh. Kenapa demikian? Karena cola akan mengikis lapisan email gigi anda. (bukan alamat email anda)

Ya semoga info ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Tidak ada salahnya menjaga kesehatan sejak usia dini. Entar kalo udah tua baru menjaga ya sudah telat.

Salam enjoy, Tuhan memberkati :D



1 comment:

  1. ane peminum polaris plain (alias soda biasa ga pake rasa). Gimana tuh?

    ReplyDelete