Thursday, November 13, 2014

Tips kesehatan bagi pengguna laptop, tablet atau smartphone

Halo sobat lifehackers,

Salam sejahtera semoga semua lancar.

Saya ingin membahas soal pemakaian laptop dan smartphone. Akhir2 ini teknologi semakin canggih dan keren. Aku masih ingat waktu HP masih simple, di mana fungsinya memang benar2 buat telepon dan sms. Sekarang sudah berubah sangat banyak dengan banyaknya handphone buah2 an, mulai Apel, Beri  Hitam, dan jangan lupa robot ijo yang doyan makan. (Mas Droid). Perkembangan laptop juga sangat pesat, orang males beli PC karena laptop sudah cukup powerful untuk main game dan video editing.

Ironis nya perkembangan teknologi ini berdampak jelek untuk para penggunanya. Saya termasuk heavy user (bukan gendut tapi sering pakai) untuk laptop. Karena bentuk keyboard laptop tidak di design untuk mengetik atau browsing lama, pergelangan tangan saya kena Carpal Tunnel Syndrome (CTS).  Untuk jelas nya silahkan baca blog di bawah ini.


Kalau untuk kasus ku, pergelangan tangan sakit, dan kadang2 bisa kayak kesetrum sendiri. Terus pegel2 di daerah leher dan bahu. Ini bener2 menjengkelkan, jadi aku ikutin nasehat dokter chiropractor. Dia minta aku beli keyboard gel pad dan juga mousepad nya. Karena mau menghemat (dasar pelit), inilah hasilnya. Wkwkwkw.



Lumayan membantu dan pergelangan tangan jadi tidak terlalu sakit lagi.

Biasanya CTS ini gabungan nya selalu sama Repetitive Strain Injury (RSI). Saya bukan ahlinya, jadi silahkan baca artikel di bawah ini.

Nah pengalaman ku sendiri adalah memakai tablet buah Apel. Keseringan main game di tablet membuat kedua jempolku sakit, terutama di bagian pangkalnya. Gara2 itu aku stop main cukup lama karena takut kambuh. Dulu sudah pernah kena waktu magang jadi web designer di Amrik. Kayaknya memang tablet cukup ringan, tetapi lama kelamaan posisi memegang tablet yang salah tetap akan menimbulkan masalah. 

RSI juga merupakan masalah besar bagi pengguna smartphone, terutama game yang memakai banyak swiping atau chatting dengan memakai jempol terus menerus. Belum lagi masalah yang ditimbulkan adalah pada leher anda. Lain dengan video game, saat anda main game di tablet atau chatting berjam-jam dengan gebetan anda, maka kepala anda akan menunduk terus. Hal ini lama kelamaan akan menimbulkan masalah bagi leher anda. Kalo anda terus menerus merasa pegal2 dan sakit di leher dan bahu, sudah waktunya anda lakukan x-ray dan periksalah tulang leher anda.

So ingat lah sobat, jangan pake laptop, tablet atau smartphone secara gila-gilaan. Aku pernah lihat orang di gereja neh (pas kebaktian lagi -___-‘) kayak orang ketagihan pakai narkoba. Setiap 5 detik pegang ipon atau sam note nya. Kalo gak browsing ya main game di kedua hp (smartphone satu gak cukup, harus dua. Edan gak.)  Lalu ditaruh bentar. Yang lucu, badan dia bisa gemeter,lututnya goyang2 gelisah kayak orang sakau. Gak tahan, 3 detik kemudian diambil lagi. Gila kan?
Gunakan dengan akal sehat dan jangan sampe kayak si oom ini. Nanti badan rusak menyesal waktu sudah jadi opa dan oma.

Ok dah sampe segitu dulu. Salam enjoy dan Tuhan memberkati. 

1 comment:

  1. I also experienced pain in my hands as a result of typing too much on my computer and phone. I had to use ice so the pain would go away.

    ReplyDelete